Resume Pertemuan 19 Gelombang 26
Pemasaran Buku
Oleh : Indriwahyuni
Pertemuan : 19
Hari / Tanggal : Rabu / 29 Juni 2022
Materi : Pemasaran Buku
Narasumber : Agus Subardana
Moderator : Sigid Purwo Nugroho
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Pertemuan Ke-19 ini saya tidak dapat mengikuti secara langsung. Kumpul keluarga di waktu liburan sekolah tak dapat dilewatkan begitu saja. Begitu keesokan harinya saya belum sempat membuat resume. Healing bersama keluarga dan saudara sudah di nanti-nanti untuk dilaksanakan. Pergi berenang menjadi pilihan untuk healing pertama. Bahkan karena tidak fokus kepada HP hari Kamis, kurir yang mengantar buku kesulitan menghubungi no. HP saya.
Rasa penasaran akan materi yang dibahas di hari Rabu, 29 Juni 2022 tak bisa dipungkiri. Setelah memiliki waktu saya segera mempelajari materi tersebut. Awalnya agak kaget karena ada peserta yang mengaktifkan pesan sementara. Keterangan pengaktifan pesan sementara akan menghapus pesan dalam 24. Sontak saya kaget, takutnya semua pesan di grup menjadi hilang. Sebagai antisipasi saya kirim teruskan pesan-pesan yang saya anggap penting ke nomor putra saya.
Pertemuan kali ini membahas tentang pemasaran buku. Materi yang sangat ditunggu- tunggu, setelah pertemuan sebelumnya membahas tentang penerbit mayor dan minor. Setelah moderator menyapa Om Jay, Tim Solid Om Jay, narasumber, dan para peserta. Narasumber kemudian menyampaikan teknis kegiatan hari ini, yang diatur sebagai berikut.
- Pembukaan
- Pemaparan Materi
- Tanya Jawab
- Penutup
Setelah itu, moderator mengajak kami berdoa untuk memulai pertemuan ke-19. Selanjutnya moderator menyampaikan curriculum vitae narasumber. Penasaran curriculum vitae narasumber, mari kita simak curriculum vitae berikut ini.
Kemudian moderator mempersilahkan narasumber untuk masuk ke ruang chat grup belajar menulis gelombang 26. Narasumber pun menjelaskan materi hari ini. Materi pertama yang beliau sampaikan adalah tentang strategi pemasaran penjualan buku. Menurut beliau strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Karena hal tersebut dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokkan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).
Narasumber pun menjelaskan bahwa dari jenis – jenis katagori buku tersebut penerbit akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis. Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran buku.
- Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
- Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Selanjutnya narasumber membahas tentang Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (Online). Penasaran bagaimana Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (On Line ), berikut adalah penjelasan nya.
1. Pentingnya Transformasi Digital.
Narasumber menjelaskan bahwa dampak dari pandemi COVID-19 telah mengubah dunia menuju era Low Touch Economy. Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau low touch, keharusan mengecek kesehatan dan keselamatan, perilaku yang baru hingga pergeseran di sektor-sektor industri., terutama sektor Industri Perbukuan. Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal, mulai dari tempat bekerja, Cara belajar – mengajar , kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial. Strateginya yang utama yang kita pakai adalah Digital Marketing dalam melakukan transformasi mendasar pada bisnis penerbitan buku. Untuk penjualan buku lewat Online ini Penerbit putusaka untuk terus proaktif melakukan promosi , dengan tujuan sebagai berikut.
- Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial.
- Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
- Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu.
- Menaikan penjualan dan profit.
- Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing.
- Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
- Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ) , persepsi dan pendapat konsumen.
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Menurut narasumber kita semua pasti memiliki komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas akan lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktif komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita. Penerbit ANDI juga terus mengadakan aktifitas pemasaran lewat komunitas dengan mengadakan webinar lewat link Zoom , Live Youtube TV. ANDI, dengan tema – tema yang menarik.
Materi selanjutnya adalah tentang Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (off line
). Berikut penjelasan narasumber. Menurut beliau untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.
Strategi pemasaran buku serangan darat ini menurut narasumber dapat dikelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.
Menurut narasumber saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus. Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :
- Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.
- Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner.
- Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
- Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll).
- Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktif komunikasi dengan pihak internal toko buku modern tersebut yaitu melalui kepala toko nya dan supervisor .
2. Directselling
Pemasaran Buku melalui directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
- Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
- Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah.
- Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka penerbit sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) di setiap wilayah Kota dan Kabupaten. Penerbit ANDI Offset mempunyai 96 Cabang di Indonesia dari Aceh s.d Jayapura
Narasumber menutup paparan materi. Beliau menyampaikan bahwa penerbit sebagai tenaga pemasaran buku sangat bangga sebagai ujung tombak dalam menyebarluaskan karya – karya tulisan ilmu pengetahuan yang sangat berdampak sekali melalui jalur non formal ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia.
Terima kasih moderator dan narasumber, atas informasinya. Semoga saya segera dapat merealisasikan karya-karya saya dan menerbitkan buku bersama penerbit. Aamiin ya rabbal alamiin🤲🤲🤲.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
drie_diary
Bandung
1-Juli-2022
hebat....lengkap Bu
BalasHapusTerima kasih pak 🙏🙏🙏
BalasHapus